Insight

ANALISIS JUMLAH PENGUNJUNG SEKITAR KAMPUS-KAMPUS DI JAKARTA PADA BULAN DESEMBER 2023

Author

June 9, 2024

Kampus adalah sebuah wilayah atau kompleks bangunan yang digunakan oleh sebuah institusi pendidikan untuk menyelenggarakan kegiatan akademik, administratif, dan sosial. Kampus biasanya terdiri dari gedung-gedung perkuliahan, laboratorium, perpustakaan, fasilitas olahraga, tempat tinggal mahasiswa, serta berbagai fasilitas pendukung lainnya. 



Mendirikan sebuah toko di dekat kampus memiliki keuntungan bagi retailer karena mahasiswa secara rutin memerlukan berbagai barang dan layanan seperti makanan ringan, buku, perlengkapan sekolah, pakaian, dan lain-lain. Oleh karena itu, toko yang berlokasi di sekitar kampus memiliki permintaan yang stabil sepanjang tahun akademik. 



Berikut ini merupakan data mengenai kampus-kampus yang terletak di Jakarta beserta jumlah pengunjung di sekitarnya pada bulan Desember 2023. Informasi ini dapat menjadi panduan bagi retailer untuk mempertimbangkan pembukaan bisnis di sekitar area kampus tersebut.



JAKARTA PUSAT

  1. Universitas Bung Karno (794,430 pengunjung)

Universitas Bung Karno (UBK), merupakan sebuah perguruan tinggi swasta yang terletak di Jakarta Pusat, yang mengambil nama dari Bapak Proklamator Indonesia, Soekarno. Lokasi kampusnya sangat strategis, berdekatan dengan beberapa institusi pendidikan seperti SDN Pegangsaan 01 Pagi dan SMP 8 Jakarta, serta berbagai perkantoran, apartemen, dan restoran. Pada bulan Desember 2023, tercatat sebanyak 794.430 pengunjung berada di area sekitar kampus ini.



  1. Universitas Persada Indonesia YAI (759,435 pengunjung)

Universitas Persada Indonesia Yayasan Administrasi Indonesia, yang sering disebut sebagai Universitas Persada Indonesia YAI atau UPI YAI, adalah perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Senen, Jakarta Pusat. Lokasinya cukup dekat dengan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Pada bulan Desember 2023, jumlah pengunjung di sekitar area ini mencapai sekitar 759.435 pengunjung.



  1. Universitas YARSI (497,850 pengunjung)

Universitas YARSI (Yayasan Administrasi Rumah Sakit Islam) adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang terletak di Jalan Letjend Suprapto, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Universitas ini terkenal dengan kurikulumnya yang berkualitas serta fokus pada pengembangan praktik klinis bagi mahasiswa kedokteran dan kedokteran gigi. Pada bulan Desember 2023, total pengunjung yang berada di sekitar area ini mencapai 497.850 pengunjung.



JAKARTA UTARA

  1. Universitas Bunda Mulia  (568.515 pengunjung)

Universitas Bunda Mulia (UBM) merupakan perguruan tinggi swasta yang terletak di Jakarta Utara, Indonesia. Kampus ini berlokasi dekat dengan Bunda Mulia School serta beberapa perkantoran seperti PT. Inti Buana dan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Divisi Noodle DKI Jakarta. Pada bulan Desember 2023, terdapat sebanyak 568.515 pengunjung yang berada di kawasan universitas ini.



  1. Universitas 17 Agustus 1945 (145.755 pengunjung)

Universitas 17 Agustus 1945 atau yang dikenal UNTAG merupakan perguruan tinggi swasta di Jakarta Utara, Indonesia, yang didirikan di bawah naungan Yayasan Perguruan Tinggi 17 Agustus 1945 Jakarta. Pada bulan Desember 2023, terdapat sebanyak 145.755 pengunjung yang mengunjungi area sekitar kampus ini.



  1. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta (22.170 pengunjung)

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan di Indonesia yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Pada bulan Desember 2023, sekitar 22.170 pengunjung tercatat berada di sekitar area kawasan ini.



JAKARTA BARAT

  1. Universitas Trisakti (1.248.210 pengunjung)

Universitas Trisakti, sebuah perguruan tinggi swasta yang terletak di Grogol, Jakarta Barat, yang didirikan pada tahun 1965, dan termasuk salah satu institusi pendidikan tertua di Indonesia. Kampus ini berdekatan dengan pusat perbelanjaan terkenal seperti Mall Taman Anggrek dan Central Park. Pada bulan Desember 2023, total pengunjung di sekitar kawasan ini mencapai 1.248.210 pengunjung.


  1. Universitas Mercu Buana (422.415 pengunjung)

Universitas Mercu Buana (UMB) adalah salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka di Jakarta, Indonesia. Kampus utamanya berlokasi di daerah Meruya, Jakarta Barat, di Jl. Meruya Selatan No. 1, Kembangan. Pada bulan Desember 2023, tercatat jumlah kunjungan di sekitar area kampus mencapai 422.415 pengunjung.


  1. Universitas Bina Nusantara (405.465 pengunjung)

BINUS (Bina Nusantara) University adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang memiliki beberapa kampus yang tersebar di berbagai lokasi di Jakarta dan Tangerang. Kampus utama BINUS terletak di Jl. Kebon Jeruk Raya No. 27, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Jumlah pengunjung di area ini mencapai 405.465 pada bulan Desember 2023.



JAKARTA SELATAN

  1. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (901.965 pengunjung)

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka di Indonesia. Kampus utamanya terletak di Semanggi, Jakarta Selatan. Letaknya sangat strategis, berdekatan dengan Plaza Semanggi dan beberapa area perkantoran terkemuka. Pada bulan Desember 2023, total pengunjung di sekitar kampus ini mencapai 901.965 orang.



  1. Universitas Pancasila (482.520 pengunjung)

Universitas Pancasila adalah sebuah perguruan tinggi negeri di Indonesia yang terletak di Jakarta Selatan. Kampus utamanya berlokasi di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Universitas ini menawarkan berbagai program studi di tingkat sarjana, magister, dan doktoral di berbagai bidang ilmu, termasuk ekonomi, hukum, teknik, ilmu sosial, ilmu komunikasi, dan lain-lain. Jumlah pengunjung di sekitar lokasi ini pada bulan Desember 2023 sebanyak 482.520 pengunjung.



  1. Universitas Pembangunan Negeri “Veteran” Jakarta (111.255 pengunjung)

Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta, yang terletak di Pondok Labu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, adalah sebuah perguruan tinggi negeri. Awalnya universitas ini merupakan lembaga pendidikan kedinasan yang dimiliki oleh Departemen Pertahanan dan Keamanan RI. Namun, tahun 2014, UPN "Veteran" Jakarta secara resmi diubah statusnya menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Berdasarkan data foot traffic, tercatat sebanyak 111.255 pengunjung di sekitar area ini pada bulan Desember 2023.



JAKARTA TIMUR

  1. Universitas Kristen Indonesia  (942.585 pengunjung)

Universitas Kristen Indonesia (UKI) adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang terletak di Cawang, Jakarta Timur. Kampus ini berdekatan dengan Halte Transjakarta Cawang UKI, yang memudahkan akses bagi mahasiswa. Pada bulan Desember 2023, tercatat sebanyak 942.585 pengunjung di sekitar area kampus ini.



  1. Universitas Mohammad Husni Thamrin (374.535 pengunjung)

Universitas Mohammad Husni Thamrin (UMHT) adalah perguruan tinggi swasta yang berada di bawah naungan Yayasan Rumah Sakit MH Thamrin Jakarta (Radjak Group). Kampus ini berlokasi di Jalan Pd. Gede, Kramat Jati, Jakarta Timur. Pada bulan Desember 2023, tercatat sejumlah 374.535 pengunjung yang berada di sekitar kawasan kampus ini.



  1. Universitas Negeri Jakarta (368.055 pengunjung)

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di Jakarta Timur. Didirikan pada tahun 1964, sebelumnya dikenal sebagai Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jakarta (IKIP Jakarta). Kampus ini berdekatan dengan beberapa sekolah lain, seperti Labschool Junior High School Rawamangun dan SDN Rawamangun 12 Pagi. Pada bulan Desember 2023, jumlah pengunjung di sekitar area kampus ini mencapai 272.839 orang. 



KESIMPULAN

Universitas menjadi lokasi yang ideal bagi para retailer untuk membuka toko karena sering berada di pusat kota atau daerah yang padat, serta mudah diakses menggunakan transportasi umum. Kondisi ini mempermudah akses bagi mahasiswa, staf, dan masyarakat umum, sehingga meningkatkan potensi pasar bagi toko di sekitarnya. Selain itu, mahasiswa memiliki kebutuhan yang beragam, baik dalam hal akademis maupun kehidupan sehari-hari. Toko di sekitar universitas dapat menyediakan berbagai macam produk untuk memenuhi kebutuhan tersebut.



CARA OPENIN MENDAPATKAN DATA

Openin berkolaborasi dengan Deta Provider yang menggunakan teknologi untuk mendeteksi foot traffic melalui data dari perangkat seluler, jaringan Wi-Fi, dan aplikasi-aplikasi lain yang melintasi area tertentu. Data dikumpulkan berdasarkan jumlah individu yang melewati wilayah tersebut dalam kurun waktu satu bulan. Setiap individu hanya dihitung satu kali, terlepas dari berapa kali mereka berkunjung kembali di bulan yang sama.



KONTAK

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:

Admin +62 851-5090-5094

Atau kunjungii https://openin.id/ 



Generate Instant Location Analysis Anywhere in Indonesia

Green Office Park 9 1st Floor. BSD City

Whatsapp

+6285150905094

Inquiry

roselynn@openin.id

Don't miss our last update

© 2023 Openin, PT Teknologi Memudahkan Bisnis.

Generate Instant Location Analysis Anywhere in Indonesia

Green Office Park 9 1st Floor. BSD City

Whatsapp

+6285150905094

Inquiry

roselynn@openin.id

Don't miss our last update

© 2023 Openin, PT Teknologi Memudahkan Bisnis.

Generate Instant Location Analysis Anywhere in Indonesia

Green Office Park 9 1st Floor. BSD City

Whatsapp

+6285150905094

Inquiry

roselynn@openin.id

Don't miss our last update

© 2023 Openin, PT Teknologi Memudahkan Bisnis.